About Me

My photo
Shared Blog in Starting An Agenda Bandung School of Social Welfare

Thursday, August 2, 2012

Bagaimana cara memulai penelitian?

Dipostingan ini, saya mau berbagi dengan teman-teman berdasarkan pengalaman saya dalam memulai penelitian. bagaimana proses penelitian, harus bagaimana persiapannya, menakutkan ga?, susah ga? koq sampe ada yang ga lulus... oke... tahan dulu pikiran macem-macem yang ada di kepalamu. saya akan mulai memberitahukan kepada teman-teman cara mudah melakukan penelitian terutama bagi teman-teman yang baru pertama kali melakukan penelitian untuk tugas akhirmu ya.. sebelumnya saya perkenalkan dulu siapa saya. Saat postingan ini dibuat, saya adalah mahasiswi semester 8 (tingkat akhir....hehehe) di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung. Di kampus saya, saya mempelajari ilmu-ilmu pekerjaan sosial (social worker). Studi yang saya pelajari hampir mirip dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial di Kampus lainnya, seperti UNPAD, UNLA, UI, dll. Hanya saja, induk ilmu kesejahteraan sosial asalnya adalah dari STKS karena STKS adalah sekolah pekerjaan sosial pertama di Asia Tenggara. Wah, kampusku lumayan bersejarah ya...huhu Nah, subjek untuk penelitian sangat tergantung dengan studi sesuai dengan jurusan mu... Saya di STKS fokus studinya ke ilmu-ilmu atau disiplin ilmu sosial.. jadi semuanya termasuk metode, judul, kepustakaan bahkan penulisan mengadaptasi dari acuan-acuan khusus untuk disiplin ilmu sosial.. dalam melakukan penelitian hendaknya dimulai dari apa yang kamu sukai atau bidang yang membuat kamu tertarik.. karena ketertarikan akan sangat menentukan motivasimu dalam melakukan penelitian sampai kamu merasa data yang didapatkan cukup. Untuk memulai penelitian, nantinya kamu akan membuat proposal penelitian. Ingat, apapun yang kamu buat dalam proposal penelitian akan sangat menentukan di lapangan. Jika kamu serius, lakukan dari awal juga serius dan bersungguh-sungguh. Kenapa saya bertanya Anda harus serius? Karena proposal penelitian yang tidak jelas, akan membawa Anda ke dalam plagiarism atau cuma nyontek aja dari kakak kelas atau hasil penelitian orang lain atau ujung-ujungnya adalah fiksi alias mengarang indah. Untuk lebih detilnya, teman-teman bisa lihat postingan saya yang lain berkaitan dengan penelitian. Selamat membaca ya..

No comments:

Post a Comment